Oregano – Bumbu Masak Penghancur Kanker Prostat

OREGANO telah lama menjadi ramuan musiman populer untuk pizza dan berbagai hidangan pasta. Selain itu, oregano pun telah lama dikenal sebagai herbal yang kaya akan antioksidan.

Tapi manfaat oregano bisa lebih daripada hanya meningkatkan rasa masakan dan memerangi bakteri. Oregano juga merupakan bumbu yang benar-benar dapat membunuh sel kanker prostat.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Federasi Masyarakat Eksperimental Biologi Amerika menyoroti salah satu komponen utama dari oregano yang disebut carvacrol, yang disebut-sebut dapat melawan sel kanker. Ini adalah studi pertama yang khusus mempelajari pengaruh carvacrol pada kanker prostat.

Oregano telah banyak diteliti. Ada begitu banyak efek menguntungkan seperti sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Ada juga beberapa literatur yang menunjukkan senyawa ini memiliki beberapa efek melawan kanker payudara dan sel kanker lainnya. Tapi tidak ada yang tahu bagaimana hal itu bekerja dan belum diuji pada kanker prostat,” ujar Supriya Bavadekar pemimpin penelitian Farmakologi Long Island University, sebagaimana dilansir Foxnews.

Tim Bavadekar ini masih menjalankan tes pada carvacrol, tetapi laporan awal telah mengungkapkan bahwa senyawa tersebut adalah agen anti kanker yang sangat kuat, menghilangkan hampir semua sel kanker prostat.

“Kami menggunakan berbagai konsentrasi obat ini dan kami senang melihat bahwa penghambatan lengkap yang disebabkan dari pertumbuhan sel. Kami melakukan percobaan ini dalam tiga periode waktu yang berbeda, yakni 24 jam, 48 jam dan 96 jam. Obat ini diproduksi hampir 100 persen inhibisi (hambatan bagi otot-otot dalam bekerja), tapi paling ampuh di masa pengobatan 96 jam. Kami berharap hal ini memberitahu kita sesuatu tentang bagaimana carvacrol dalam oregano bekerja melawan sel kanker prostat,” paparnya.

Para peneliti juga menemukan bahwa senyawa carvacrol dan thymol dalam oregano dapat membantu melenyapkan lendir di paru-paru dan kejang urat di tenggorokan.

Konsumsi tiga cangkir bunga oregano seduh setiap hari dapat mengatasi keluhan pencernaan, seperti kejang usus. Khasiat ini antara lain berkat kandungan thymol, carvacrol, borneol, dan asam kafeat

Leave a Reply