Menginstall Mozilla Firefox Terbaru di Linux

Dengan perkembangan web browser yang pesat saat ini, Mozilla mengambil langkah besar. Versi browsernya juga ikut ngebut :-).

Dari Sejak versi 2 atau versi 3, dalam beberapa bulan saja, saat ini mozilla firefox sudah mencapai versi 8. Suatu lompatan yang sangat jauh. Mungkin untuk mengejar ketinggalan (nomor versi) dari pesaingnya, semisal IE yang sudah mencapai versi 9 atau Opera yang sudah mencapai versi 11.

Mudah-mudahan perlombaan ini bukan hanya sekedar menaikkan versi saja, karena saya melihat banyak sekali fitur baru yang diusung mozilla firefox ini. Tapi sayangnya, kecepatan firefox ini tidak bisa dikejar oleh beberapa developer plugin/ekstensi, terutama developer yang bekerja paruh waktu/non-profit. Semisal, developer screengrab, plugin screenshot favorit saya, yang sejak firefox memasuki versi 7, melakukan suicide, alias EOL (End of Life), firefox emang selfish 😛

Okay, karena kita gak peduli dengan perkembangan plugin yang tersendat, kita menuju halaman http://www.mozilla.org/en-US/firefox/all.html dan memilih instalasi yang sesuai dengan sistem kita.

Saya memilih installer dengan lokalisasi en_US dan OS Linux. Dapatlah saya file firefox-8.0.tar.bz2 yang kemudian saya ekstrak ditempat.

tar -xjvf firefox-8.0.tar.bz2

Kemudian direktorinya saya pindahkan ke folder /home/amrinz/Applications, tempat saya menginstall aplikasi semacam firefox ini.

Langkah berikutnya, agar tidak terjadi konflik dengan firefox di sistem, saya membuang firefox versi 1.xx yang merupakan instalasi default pada ubuntu 9.04 jadul saya. Prosesnya mudah, karena melakukannya menggunakan Synaptic.

Setelah “bersih”, saya membuat symbolic link baru atas nama firefox di /usr/bin, ini agar firefox dapat diakses dari manapun di system saya.

sudo ln -s /home/amrinz/Applications/firefox/firefox /usr/bin/firefox

Dengan begini, firefox saya sekarang bisa diakses menggunakan run (Alt+F2) tanpa harus mengetikkan path lengkapnya yang panjang. Hasilnya:

Instalasi Firefox 8 di Ubuntu 9.04 jadul

Instalasi Firefox 8 di Ubuntu 9.04 jadul

Langkah berikutnya adalah membuat shorcut untuk menu dan launcher.

Sekali lagi kita menggunakan symbolic link.

sudo ln -s /home/amrinz/Applications/firefox/icons/mozicon128.png /usr/share/pixmaps/firefox.png

Lalu klik kanan pada start menu Applications untuk menambahkan launcher baru. Pindah ke bagian Internet dan tambahkan item baru.

Lihat, ketika anda menuliskan firefox di bagian command, iconnya otomatis terisi dengan logo firefox. hal ini tidak akan terjadi kalau kita tidak melakukan symlink icon sebelumnya.

Membuat Launcher Firefox di Ubuntu

Membuat Launcher Firefox di Ubuntu

Langkah selanjutnya adalah melakukan desktop integration atau sederhananya, mengasosiasikan firefox dengan file-file tertentu, agar ketika kita melakukan browsing dengan file manager, kita bisa membuka file tertentu dengan aplikasi yang tepat.

Kita akan membuat sebuah file baru, yang alangkah baiknya, jika kita meng-copy file /usr/share/applications/firefox.desktop yang lama, karena saat un-install file ini terhapus. Ini saya sadari setelah ingin melakukan tahap ini.

Baiklah, dengan mencontek sembarang file *.desktop saya membuat file baru. Saya menggunakan terminal agar lebih cepat.

sudo gedit /usr/share/applications/firefox.desktop

Isi filenya seperti ini:

 

[Desktop Entry]
Name=Web Browser
Comment=Browse the web
Exec=firefox %s
Icon=firefox
Terminal=false
Type=Application
Categories=GTK;GNOME;Internet;Web Browser;
MimeType=application/htm;application/html;

TryExec=/usr/bin/firefox

 

Lihat di bagian MimeType. Seharusnya dibagian ini terdapat berbagai jenis ekstensi yang bisa dibuka menggunakan web browser, harusnya lebih panjang dan lebih “standar”, tapi sayang yang saya ingat hanyalah htm dan html saja :-).

Setelah menyimpan file tersebut, mulai sekarang ketika kita meng-klik kanan sembarang file dengan ekstensi htm atau html kita akan mendapatkan firefox diurutan paling atas atau ketika kita melakukan double klik, file tersebut akan langsung terbuka di firefox.

Sampai disini, selesailah instalasi dan integrasi mozilla firefox terbaru di system linux kita.

Leave a Reply