Mengelola Konten Joomla

Pada seri pertama tutorial ini kita telah membahas bagaimana menginstall joomla! 1.5 dan saya yakin anda sudah sukses menginstallnya.

Saya harap anda seperti saya yang memulai dengan fresh joomla!, atau saya tidak memilih untuk menginstall sample data. Yang artinya, website saya masih kosong melompong.

Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana membuat, mengedit dan menghapus content serta membuat menu yang merujuk ke article (sengaja saya membahasakan article supaya saya dan anda biasa) tersebut.
Sebelumnya, kita akan membahas dulu logika joomla!, ya, sebagaimana sebuah keluarga, joomla memiliki sebuah struktur dan prioritas.

Logika Joomla!
Joomla! mengatur article atau content lainnya dalam sebuah hirarki: Section >> Category >> Article.
Ini berarti, kita harus membuat section lebih dahulu baru bisa membuat category, dan barulah article dikelompokkan dalam sebuah category.

Kebalikannya adalah saat menghapus sebuah section atau category. Sebelum dapat menghapus section, anda harus menghapus category milik section yang bersangkutan.Dan sebelum menghapus category, anda harus menghapus semua article milik kategori yang bersangkutan. Pastikan, tidak ada item milik sebuah kategori yang masih ada di dalam trash.

Anda bisa membuat section, category dan article sebanyak mungkin, dan sebaiknya, anda membuat akses menu.

Membuat Section Baru
Seperti telah dibahas di atas, section adalah induk dari kategori. Agar memudahkan dalam mengorganisasi struktur website anda, ada baiknya anda membuat section dengan lingkup yang tidak terlalu luas (dan juga tidak terlalu sempit ?).
Maksudnya, jika section yang anda buat terlalu luas lingkupnya, mungkin anda akan bingung meletakkan sebuah artikel yang memiliki cakupan yang luas dan seharusnya lebih cocok menjadi category. Begitu juga sebaliknya.

Bagaimana membuat section baru?

  1. Anda bisa memulai dari control panel administrator anda, klik thumbnail section manager. Atau jika anda tidak berada di control panel, klik saja Content >> Section Manager di menu administrator anda.
  2. Pada panel section manager, anda bisa mengklik ikon New.
  3. Pada jendela berikutnya, isilah nama section yang anda inginkan. Nama alias sections bisa anda abaikan karena akan diisi otomatis. Anda juga harus menentukan apakah section tersebut bisa diakses public ataukah hanya untuk kalangan tertentu saja (registered / special users).
  4. Jika anda sudah selesai, klik Save atau Apply untuk menyimpan. Klik Cancel untuk membatalkan.

Membuat Category
Langkah-langkah membuat category hampir sama dengan membuat section. Bedanya, anda memilih tombol Content >> Category Manager.

Membuat Article
Untuk membuat article, langkahnya juga tidak jauh beda.

  1. Silahkan pilih menu Content >> Article Manager atau dari control panel, New Article.
  2. Yang paling penting harus anda isi adalah judul article, nama alias (bisa anda lewatkan!), memilih apakah dienable (boleh dilihat) atau tidak, apakah article akan tampil di halaman depan atau tidak.
  3. Pilih juga section dan kemudian category yang sesuai
  4. Pada bagian sebelah kanan terdapat beberapa field isian parameter dan informasi metadata untuk keperluan SEO. Sebaiknya anda mengisi bagian metadata ini.
  5. Klik Save atau Apply jika anda sudah selesai. Klik Cancel untuk membatalkan.

Bagaimana Menambahkan Gambar
Gambar atau photo dapat anda tambahkan dengan mengklik ikon gambar pada text editor TinyMCE. Sayangnya, tidak ada fasilitas upload-nya sehingga gambar yang akan anda gunakan haruslah telah anda upload dan anda ketahui alamat url-nya.

Untuk menambahkan gambar dari server lokal, simpan/upload gambar anda menggunakan FTP client ke direktori images/story di instalasi joomla anda. Atau jika anda hanya mengupload satu gambar, anda bisa menggunakan tombol Image di bawah text editor anda.

Setelah anda mengklik tombol ini, akan muncul jendela popup yang menutupi layar browser.

add joomla image to content

Klik gambar yang diinginkan dari daftar gambar yang ada, masukkan deskripsi dan title yang sesuai. Pilih juga posisi gambar terhadap teks (float) apakah kiri atau kanan.

Membuat Pembatas Article atau Read More
Pembatas article atau lebih kita kenal dengan read more akan membagi article menjadi dua bagian. Bagian preview (excerpt) dan bagian sisa article yang akan tampil setelah kita mengklik link read more.

add readmore to split content and excerpt

Untuk membuat pembatas article, letakkan kursor mouse anda pada tempat yang anda inginkan, dan klik tombol readmore pada bagian bawah text editor atau pada mode HTML, tambahkan tag ini:

<hr id=”system-readmore” />

Membuat Pembatas Halaman
Pembatas halaman fungsinya sama seperti namanya, yaitu untuk memecah article menjadi beberapa halaman. Ini penting untuk sebuah article yang sangat panjang.

Caranya, letakkan kursor pada tempat yang diinginkan, dan klik tombol PagBreak di bawah editor.

Pada layar, anda akan diminta memberikan Page title dan Table of content Alias. Page title akan menjadi sub judul pada halaman kedua dan Table of content alias akan menjadi judul link pada index artikel.

Atau jika anda menggunakan mode HTML editor, anda bisa menyisipkan tag ini:

<hr class=”system-pagebreak” title=”sub judul” />

Leave a Reply