Bayi Kerabat T-Rex Ditemukan di Mongolia

NEW YORK – Para ilmuwan yang melakukan penggalian di Gurun Gobi, Mongolia, telah menemukan kerangka hampir lengkap dari bayi dinosaurus jenis tyrannosaurid yang masih berusia 3 tahun.

Fosil bayi dinosaurus tersebut adalah yang terkecil dari yang pernah ditemukan sebelumnya.
Dinosaurus yang bernama Tarbosaurus Bataar tersebut adalah masih kerabat dari Tyrannosaurus Rex. Demikian seperti yang dikutip dari The New York Times, Selasa (10/5/2011).

Spesimen bayi tersebut memiliki berat kurang dari 70 pound, dibandingkan dengan berat 6 ton yang dimiliki oleh Tarbosaurus Bataar dewasa, ungkap laporan yang diterbitkan di Journal of Vertebrate Paleontology.

Tengkorak dari Tarbosaurus Bataar memiliki tulang yang kuat, terutama di bagian rahang, yang membuatnya mampu merobek dan memutar mangsanya. Tapi untuk bayinya, tengkorak Tarbosaurus Bataar lebih lembut, giginya juga lebih tipis dan rahangnya juga masih lemah.

Petunjuk dari fosil tersebut menunjukkan bahwa Tarbosaurus Bataar mencari makan dengan mencurinya, berbeda dengan Tarbosaurus Bataar yang lebih mengandalkan kekuatan. Tarbosaurus Bataar merubah pola makannya ketika beranjak dewasa, berbeda dengan jenis dinosaurus pemangsa lainnya.

“Penemuan ini adalah sebuah gambaran terdekat Tarbosaurus Bataar yang pernah kita lihat selama ini,” ujar Lawrance M. Witmer, Profesor Paleontologi dari Ohio University, penulis senior untuk studi tersebut.

“Fosil ini juga memberikan gambaran mengenai perubahan gaya hidup Tarbosaurus Bataar ketika mereka tumbuh,” tambahnya.

Leave a Reply