Tahukah Anda 10 Manfaat Buah Semangka Untuk Pengobatan Ini?

Siapa kira bahwa buah semangka tidak hanya enak dimakan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Bagian buah semangka yang dimanfaatkan adalah biji, kulit dan daging buahnya.

Berikut ini beberapa manfaat buah semangka untuk pengobatan yang kami kompilasi.

1. Khasiat Buah Semangka – Baik Untuk Jantung dan Tulang

Selain tomat, semangka telah menjadi salah satu buah yang sangat kaya likopen. Likopen adalah karotenoid, salah satu jenis antioksidan yang dapat mencegah kerusakan tubuh dan sel akibat radikal bebas. Selain itu, likopen juga dapat melindungi tubuh dari kolesterol jahat. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa likopen baik untuk menjaga kesehatan jantung sekaligus kesehatan tulang, seperti dilansir whfoods. Semangka adalah salah satu buah dengan kandungan likopen yang sangat tinggi.

2. Khasiat Buah Semangka – Sebagai Antioksidan

Di samping dari jeruk dan jambu biji, semangka adalah sumber yang luar biasa untuk likopen. Seperti sudah dijelaskan di atas, semangka kaya akan likopen. Selain untuk kesehatan jantung dan tulang, likopen berfungsi sebagai antioksidan. Sebagai antioksidan, kemampuan likopen sangat menakjubkan untuk menetralisir molekul radikal bebas yang dapat merusak sel dan jaringan tubuh. Selain untuk kesehatan, antioksidan menunjang kecantikan wanita, misalnya saja membuat kulit terlihat sehat dan awet muda.

3. Manfaat Buah Semangka Untuk Mencegah Dehidrasi dan Pencernaan

Semangka adalah salah satu buah dengan kandungan air yang sangat tinggi. Maka tak heran jika buah ini sangat disukai warga daerah tropis dan menjadi buah favorit saat musim panas di negara 4 musim. Kandungan air yang sangat tinggi akan membuat seseorang terhindar dari dehidrasi, dan rasanya tentu lebih enak daripada air mineral biasa. Selain itu, serat yang terkandung dalam semangka akan membantu seseorang terhindar dari sembelit.

4. Ternyata Buah Semangka Bermanfaat Juga Sebagai Obat Kuat Alami

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa semangka adalah obat kuat alami untuk pria. Mengonsumsi semangka dapat memberikan efek yang sama dengan viagra, bisa mengobati impoten dan mencegah impoten, demikian penuturan Dr. Bhimu Patil, direktur Texas A&M’s Fruit and Vegetable Improvement Center di College Station, seperti dilansir sciencedaily. Kelebihan dari semangka adalah tidak menimbulkan efek samping seperti yang sering terjadi jika seseorang mengonsumsi obat kuat.

5. Buah Semangka Kaya akan Vitamin dan Nutrisi

Semangka adalah buah yang memiliki beberapa vitamin dan mineral. Dalam 152 gram semangka akan mencukupi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 20,4 persen, kebutuhan vitamin A 17,2 persen, potasium 7,8 persen dan magnesium 3,8 persen. Kabar baiknya, semangka adalah buah yang sangat rendah akan kalori, sehingga menikmatinya tidak akan membuat Anda khawatir akan menambah berat badan.

6. Buah Semangka Bisa Mencegah Penyakit Jantung dan Kanker Prostat

Semangka memiliki banyak kandungan lycopene, senyawa antioksidan pada tanaman yang terkenal mampu melawan penyakit jantung dan kanker prostat. Mungkin selama ini Anda mengaggap tomat sebagai salah satu penghasil lycopene terbaik.

Hal itu memang benar, tetapi Anda harus memasak mereka terlebih dahulu dengan sedikit minyak untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sementara pada semangka, Anda tidak perlu terlebih dahulu memasaknya, karena buah ini langsung melepaskan lycopene-nya. Bahkan, satu cangkir semangka memiliki 40 persen kandungan antioksidan lebih banyak ketimbang tomat.

7. Manfaat Buah Semangka Untuk Melawan infeksi

Dua gelas semangka juga menyediakan hampir seperempat dari kebutuhan beta karoten harian Anda, yang digunakan tubuh Anda untuk membuat vitamin A. Jumlah beta karoten yang rendah dapat membuat Anda rentan terhadap infeksi virus dan masalah penglihatan.

8. Buah Semangka Bermanfaat Untuk Membantu Mempercepat Proses Penyembuhan

Semangka adalah salah satu makanan langka penghasil citrulline, asam amino yang digunakan dalam penyembuhan luka dan pembelahan sel. Bagian daging berwarna putih pada buah semangka yang biasanya tidak dimakan justru mengandung banyak citrulline.

9. Buah Semangka Membantu Mengatasi stres

Semangka merupakan sumber potasium yang baik, yang membantu mengontrol tekanan darah. Inilah alasan mengapa semangka dapat menjadi pilihan makanan ringan yang sempurna untuk dinikmati bersama keluarga.

10. Buah Semangka Membantu Memuaskan Ngidam

Hanya ada 96 kalori dalam dua cangkir semangka manis. Selain itu, tingginya kandungan air dapat membuat Anda cepat merasa kenyang dan menjaga berat badan Anda tetap terkontrol.

Meski manfaat dan khasiat Buah Semangka untuk pengobatan demikian banyak, buah semangka hanya ada di waktu-waktu tertentu saja karena semangka termasuk buah musiman.

Leave a Reply