Manfaat Tanaman Herbal Sirih Untuk Pengobatan

By | 22/01/2017

Tentunya Anda sudah sangat akrab dengan tanaman herbal sirih, tanaman herbal sirih dapat dengan mudah ditemukan di lingkungan sekitar Anda. Ternyata khasiat daun sirih sangat besar untuk kesehatan maupun pengobatan. Oleh karena itu, kali ini saya akan mengulas tentang manfaat tanaman herbal sirih untuk kesehtan.

Umumnya bagian tanaman herbal sirih yang paling banyak digunakan adalah bagian daun. Daun sirih memiliki kandungan minyak asitri (betiephenol), seskuiterpen, pati, gula serta diastase, samak serta kavikol. Bahan/senyawa tersebut mempunyai kekuatan anti kuman (antiseptic), antioksidan serta anti jamur (antifungi).

Sejak zaman dahulu para orang tua sudah memakai daun sirih untuk menyembuhkan mimisan, keputihan, mata merah, dan masih banyak lagi manfaat lainnya termasuk untuk menyembuhkan penyakit disfungsi ereksi pada pria. Selain itu, daun sirih juga bisa dipakai untuk penyembuhan penyakit lainnya, dengan rebusan air sirih untuk mengobati keputihan, batuk, menyingkirkan bau tubuh, bronchitis dan lain-lain. Adapun daun sirih bisa dipakai secara langsung untuk menyembuhkan mimisan, luka bakar, borok aphthous, luka, gusi berdarah, meredakan koreng, jerawat, dan lain sebagainya.

manfaat tanaman herbal sirih untuk pengobatan

Berikut ini Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Pengobatan

Untuk menyembuhkan jerawat

Utuk menyembuhkan jerawat, ambil 8-10 lembar daun sirih. Cuci daun sirih sampai bersih lalu remas dengan tangan hingga daun sirih membentuk lumat kasar , kemudian seduhlah dengan air panas, dinginkan. Setelah dingin basuhlah muka Anda dengan air daun sirih. Kerjakan 2-3 kali dalam sehari.

Untuk menyembuhkan Gatal

Daun sirih dapat dipakai untuk menyembuhkan gatal-gatal pada kulit menggunakan air rebusan daun sirih untuk mandi atau membersihkan kulit yang terkena gatal. Ambillah 15-20 lembar daun sirih, cuci sampai bersih lantas di rebus. Air rebusan daun sirih, pakailah selagi hangat.

Mengobati Mimisan

Seperti kita ketahui daun sirih juga sering digunakan untuk mengobati mimisan, dengan cara 1 atau 2 lembar daun sirih yang telah dicuci bersih dimemarkan lalu digulung kemudin dimasukkan ke hidung untuk menyumbat mimisan.

Keputihan atau Pektay

Gunakan 10-15 daun sirih. Rebus daun sirih yang telah dicuci dengan 2-3 liter air. Gunakan air rebusan daun sirih yang masih hangat/dingin untuk mencuci Miss V.

Mengobati kanker

Untuk mengobati kanker silahkan mengambil beberapa lembar daun sirih untuk direbus. Tunggu hingga air rebusan telah berkurang 1/4 bagian. Gunakan air rebusan daun sirih dicampur dengan madu untuk diminum saat masih hangat, minum secara teratur 2-3 kali sehari.

Untuk mengobati batuk

Untuk mengobati batuk mirip dengan resep untuk mengobati kanker adalah dengan merebus 10-15 daun sirih. Air rebusan bisa diminum dengan campuran gula batu atau madu.

Menghilangkan bau badan

Ambil beberapa lembar daun sirih, 5 atau 6 lembar daun sirih yang kemudian direbus dengan 2 gelas air sampai air rebusan berkurang menjadi satu gelas. Minum disiang hari untuk menghilangkan bau badan.

Untuk mengobati luka bakar

Sangat mudah, ambil beberapa lembar daun sirih, cuci dan remas dengan tangan. Tempelkan pada bagian kulit yang terkena luka bakar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.