Manfaat Garam Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

By | 22/01/2017

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, apakah anda tahu kegunaan lain garam?

Ternyata, garam bisa digunakan untuk keperluan lain selain memasak. Mulai dari memelihara kesehatan, perawatan kecantikan, sampai pengobatan.

Berikut ini beberapa macam penggunaan garam yang baik bagi kesehatan dan kecantikan.

Garam Mandi

Garam bisa digunakan untuk berendam, rasanya seperti ketika kita berenang di laut. Masukkan secangkir garam dapur ke air dalam bak mandi Anda. Harumkan dengan minyak esensial atau herbal kering kesukaan Anda. Merendamkan tubuh ke dalam air garam dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan meminimalisir rasa pegal pada otot dan sendi.

Garam Scrub

Garam mengandung exfoliant alami yang dapat menghaluskan kulit Anda. Terutama jika Anda memiliki kulit kering, cobalah untuk menggunakan scrub garam yang telah dihaluskan terlebih dahulu. Siapkan seperempat cangkir garam dan setengah atau tiga per empat cangkir minyak kelapa murni atau minyak zaitun. Campurkan keduanya dan tambahkan 20 tetes minyak esensial favorit Anda untuk memberikan aroma dan manfaat ekstra (Misalnya seperti Esensial oil Tea Tree, Green Tea, Lavender, dsb).

Gunakan seperti ketika Anda menggunakan scrub pada umumnya, melumurinya dikulit, diamkan beberapa saat, kemudian gosok secara perlahan, hal ini membantu mengelupas dan mengangkat kulit mati yang membuat kulit nampak kusam dan kotor.

manfaat garam untuk kesehatan dan kecantikan

Bahan Masker

Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat, tak ada salahnya untuk menggunakan masker garam. Jenis masker ini dapat mengurangi peradangan kulit, menyeimbangkan kadar minyak, dan mempercepat penyembuhan kulit dari jerawat.

Garam juga sebagai penyumbang mineral alam yang terbaik bagi kulit wajah.
Larutkan satu cangkir kecil garam ke dalam air hangat. Lalu, masukkan tiga sendok makan madu murni atau halusan buah alpukat. Campurkan semuanya. Setelah itu, oleskan ke wajah Anda dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat.

Sebagai Deodoran

Garam dapat membunuh bakteri penyebab bau. Untuk itu, garam sangat berguna jika dibuat deodoran. Namun, jika Anda baru saja mencukur bulu pada ketiak Anda, jenis deodoran ini akan memberikan sengatan kecil pada pori-pori kulit Anda.

Larutkan dua sendok teh garam ke dalam air, campurkan sedikit esensial oil atau perasan jeruk nipis, rapuskan pada kulit atau ketiak. Larutan ini mampu menetralisir aroma keringat, dijamin tidak akan meninggalkan warna belang dan tidak membuat ketiak menjadi hitam.

Pasta gigi

Pasta gigi yang terbuat dari garam ternyata lebih baik daripada jenis pasta gigi lainnya. Sebab, garam memiliki sifat antibakteri. Campurkan baking soda dan garam dapur dengan takaran 3 banding 1. Anda dapat membuatnya dalam bentuk bubuk atau pasta. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial beraroma mint, lemon atau cengkeh. Ini hanya membutuhkan cara yang sederhana, mudah, murah, dan efektif.

Obat kumur

Berkumur dengan air garam dapat menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Memang ada banyak jenis obat kumur instant di luar sana, namun jenis obat kumur ini lebih sehat dan lebih baik bagi flora gusi dan rongga mulut. Obat kumur garam tidak mengandung bahan kimia jahat. Selain itu, obat kumur garam cukup efektif untuk membunuh bakteri pada mulut Anda. Jangan lupa untuk menambahkan satu atau dua tetes minyak esensial peppermint atau spearmint jika Anda ingin mendapatkan rasa segar seperti mint.

Pembersih hidung

Anda harus rutin membersihkan hidung untuk meningkatkan pernapasan dan mengurangi risiko alergi atau infeksi sinus. Masukkan air hangat kuku ke dalam neti pot atau botol semprot dan tambahkan sedikit garam laut. Tuangkan ke dalam lubang hidung sambil memiringkan kepala agar air garam dapat memasukki rongga hidung. Tundukkan kepala Anda ke bawah dan miringkan kepala ke sisi yang lain.

Perawatan luka

Sifat anti mikroba dalam garam menjadikannya sebagai salah satu pengobatan yang efektif untuk luka kulit. Apabila luka Anda mengalami pendarahan, cuci darah yang mengucur dengan menggunakan air garam, tunggu hingga darah tidak keluar sama sekali. Setelah itu, gosokkan garam ke luka. Ini dapat membersihkan luka dari kuman bakteri dan mempercepat proses penyembuhan.

Bila luka sudah mulai mengering, lakukan rendaman air hangat dengan garam, ini membantu mengeluarkan kuman beserta nanah yang ada pada luka, ini membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Ingin mencoba manfaat garam sendiri di rumah? Cobalah Garam Tradisional dari Bali ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.