Kenali Jenis-jenis Minyak Zaitun Ini Agar Tak Salah Pilih

Minyak zaitun atau minyak olive (bahasa Inggris:Olive oil) adalah minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea europaea), pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah.

Di pasaran, minyak zaitun dijual dalam berbagai jenis dan kualitas sesuai jenis pohon dan asal minyak zaitun di impor.

kenali jenis-jenis minyak zaitun berdasarkan asal dan kualitasnya

Kenali Jenis-jenis Minyak zaitun Ini agar tak salah pilih

1. Minyak Zaitun Extra Virgin

Minyak zaitun Extra Virgin adalah jenis perasan pertama, yang mempunyai kualitas paling tinggi, biasa diminum langsung, atau digunakan sebagai bumbu tanpa prose pemanasan
Manfaat Minyak zaitun extra virgin ini sangat cocok sebagai bumbu, dipercikkan di atas ikan, daging, sayuran kukus atau kentang panggang, dalam saus salad, roti, sebagai dasar untuk mayones dan saus mentah.

2. Minyak Zaitun Virgin Olive Oil

Minyak ini diperoleh dari hasil produksi dan pengolahan tahap kedua buah zaitun, memiliki tingkat keasaman yang kurang dari 2%, rasanya bagus dan lebih intens.

Manfaat Minyak Zaitun ini juga bisa digunakan untuk memasak, salad dressing, dan lainnya.
Jenis Virgin Olive Oil ini masih dalam kategori minyak mentah tanpa ada proses pemurnian, jadi masih kategori fresh.alias tidak mengalami pemanasan atau menggunakan bahan kimia. Pengolahan jenis tersebut hanya ditekan dan diperas untuk mengeluarkan minyak dari biji zaitun.

3.Pure olive Oil

Minyak ini merupakan campuran dari refined olive oil dan virgin olive oil, mengandung sedikit vitamin E, tingkat keasamannya kurang dari 2%, kandungan nutrisinya lebih rendah, harganya pun lebih murah.

Tidak cocok bila digunakan untuk salad dressing, tapi lebih cocok jika digunakan untuk memasak dengan suhu tinggi.

4. Pomace Olive Oil

Minyak jenis ini merupakan grade paling rendah . Dihasilkan dari residu minyak yang tersisa di pomace zaitun.

Dicampur dengan berbagai variasi jumlah virgin oil agar bisa diterima oleh konsumen. Biasanya digunakan untuk memasak dengan suhu tinggi.

5. Lite Oilive Oil

Lite olive oil hanya mengandung sejumlah kecil virgin oil. Rasa dari minyak ini ringan dan warnanya pun cerah.

Jumlah kalori dan lemak yang terkandung sama dengan semua minyak zaitun. Kualitas dari minyak zaitun jenis lite olive oil ini rendah

Leave a Reply