Inilah 7 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Pengobatan

Minyak zaitun atau minyak olive (bahasa Inggris:Olive oil) adalah minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea europaea), pohon tradisional dari basin Mediterania.

Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah. Pohon zaitun bisa tumbuh hingga 50 meter di habitat alami mereka dan hidup selama lebih dari 500 tahun.

Buah ini memiliki bentuk bulat gemuk dengan warna hijau ketika mentah dan berubah menjadi kekuning-kuningan ketika sudah mulai masak.

Manfaat Minyak Zaitun dapat digunakan untuk memasak, kosmetik, obat herbal, dan sabun, dan juga sebagai bahan bakar untuk lampu minyak.

buah zaitun matang pohon menghasilkan minyak zaitun terbaik

Manfaat minyak zaitun lainnya sangat banyak khususnya bagi kesehatan karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi (utamanya asam oleik dan polifenol).

Inilah 7 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Pengobatan

Dalam Minyak zaitun mengandung banyak hal yang bermanfaat untuk kesehatan, selain dikonsumsi langsung, Manfaat minyak zaitun juga digunakan untuk perawatan tubuh seperti kecantikan kulit dan rambut.

Salah satu kandungan dalam minyak ini adalah omega 9 atau asam oleat. Kandungan ini merupakan jenis lemak tak jenuh tunggal sehingga salah satu manfaat minyak zaitun adalah menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh.

1. Menjaga kesehatan jantung

Untuk menjaga kesehatan jantung dianjurkan mengkonsumsi  2 sendok makan perharinya.
Kandungan lemak tak jenuh dan antioksidan dalam minyak ini secara tidak langsung akan menjaga kesehatan jantung anda.

2. Meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL

Manfaat Minyak zaitun dapat meningkatkan kadar kolesterol baik / HDL dan menurunkan kadar kolesterol jahat karena mengandung lemak tak jenuh.

3. Dapat menurunkan berat badan

Untuk  membantu menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi 1-2 sendok makan setiap harinya sebelum makan.

4. Mencegah kanker

Kerusakan sel dapat memicu terjadinya kanker sehingga untuk mencegahnya bisa mengonsumsi  secara rutin karena dalam minyak ini terkandung antioksidan Polyphenol

5. Mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang

Produk ini dapat membantu penyerapan kalsium sehingga dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

6. Mengatasi rambut rontok

Untuk mengatasai rambut rontok, bisa dicoba mencampurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sendok makan minyak kelapa, lalu dibalurkan pada rambut, tunggu beberapa saat kemudian bilas rambut sampai bersih dengan air.

7. Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Bibir kering dan pecah-pecah dapat diatas dengan mencoba mengoleskan minyak ini pada bibir anda.

Leave a Reply