Tips Menambah Audio Bacaan Ayat Alquran Bahasa Indonesia

Hallo guys, hari ini saya ingin membagi tips yang mungkin belum kalian tahu. Artikel ini sebenarnya saya buat untuk jalantikus dot com, tetapi sudah sebulan belum di review juga saya posting disini, supaya cepat dapat pahalanya.

Bagi kalian yang suka membaca Al Quran di HP tentu punya aplikasi pembaca Al Quran Bahasa Indonesia dari martinvillar.com seperti yang saya punya ini.

Salah satu fitur keren yang ada di aplikasi Al Quran Bahasa Indonesia keluaran Martin Villar ini adalah bisa membaca Al Quran sambil mendengarkan bacaannya per-ayat.

 

Jika kalian belum punya aplikasinya, silahkan download yang versi free-nya di google play.

Cara Memasang Audio Al Quran Bahasa Indonesia Secara Online

Buat kalian yang belum tahu, saya akan membagikan tips cara menambah audio agar kamu bisa membaca sambil mendengarkan bacaannya.

Buka aplikasi Al Quran Bahasa Indonesia kalian, tap di pojok kanan atas, untuk masuk ke pengaturan/settings.

Scroll ke bawah sampai kalian menemukan “Audio Manager”, tap lagi untuk menampilkan daftar surat yang sudah memiliki audio atau yang belum.

Pengaturan Audio Manager

Jika sudah dicentang, berarti surat yang dimaksud sudah memiliki audio dan bisa didengarkan bacaannya. Jika belum, centang sekarang untuk mulai mendownload audionya.

Fitur ini sangat bagus sekali, tetapi sayangnya kita tidak bisa mencentang semuanya sekaligus. Untuk mencentang sekaligus kalian harus memiliki versi pro-nya.

Tetapi jangan khawatir, karena saya sudah mendownload semua file audio semua surat alquran ini saya akan membaginya agar kalian tidak usah mencentang satu demi satu dan menunggu 2-3 hari untuk menyelesaikannya.

Cara Memasang Audio Al Quran Bahasa Indonesia Secara Manual (Offline)

Download file audio yang sudah saya kumpulkan ini (450MB), simpan di HP kamu.

Setelah di download, ekstrak di [SDCARD]/data atau [EXTERNALCARD]/data. Di HP saya, aplikasi alquran ini membuat folder data di internal card, tetapi di beberapa HP aplikasi ini malah membuatnya di eksternal card, sesuaikan saja.

Gunakan file manager untuk mengekstrak file zip yang telah di download. Pastikan pathnya menjadi _./data/com.martinvillar.android.alquranindonesia_

Setelah di ekstrak, kamu bisa menghapus file zip yang telah didownload tadi atau menyimpannya di tempat lain untuk digunakan lagi atau dishare ke teman yang membutuhkan.

Bundle file Audio Al Quran Indonesia di Google Drive – 450MB

Demikian sedikit tips dari saya, cara menambah audio Al Quran Bahasa Indonesia.

Leave a Reply