Instalasi Litespeed Web Server di Ubuntu

Kebetulan saya sedang “gatal” dan sedang bersih-bersih aplikasi di laptop, saya teringat untuk mengganti apache dengan litespeed webserver. Alasannya sih sederhana, karena ini cuma buat personal, bukan buat production web server yang melayani banyak permintaan, jadilah menggunakan litespeed ini dengan harapan, jumlah memori yang dikonsumsi kecil.

Baik, cara instalasinya:

  1. Download binarynya di website litespeed webserver, ambil yang versi free, karena untuk enterprise, kita harus membayar. Litespeed tersedia untuk Linux dan sistem operasi lainnya.
  2. Ekstrak paketnya, buka terminal dan masuk ke direktori hasil ekstrak (lsws-xxx)
  3. Jalankan skrip instalasinya:
    sudo ./install.sh
  4. Ikuti langkah-langkah instalasinya, summary-nya:
    – Menyetujui EULA dengan mengetik “Yes”, perhatikan huruf awalnya harus besar.
    – Pilih direktori instalasi, saya menginstall di /opt/lsws
    – Membuat user admin panelnya
    – Memilih user dan grup untuk webservernya. Saat pertama kali install saya membiarkan pilihan default “nobody” dan grup “nogroup”, tetapi malah tidak mau jalan. Akhirnya saya uninstall, dan masukkan “www-data” sebagai user dan grupnya. Cape deh!
    – Memilih alamat dan port untuk web servernya dan administration panelnya.
  5. Jika instalasi selesai tanpa masalah, maka anda bisa mengakses http://localhost/wp untuk website dan http://localhost/wp:70 untuk administrasinya.
Konfigurasi litespeed webserver

Yang membingungkan adalah menemukan folder server rootnya. Kalau di apache, ada di /var/www maka si litespeed ini mesti muter-muter nyarinya baru ketemu satu folder mencurigakan di /usr/local/lsws/DEFAULT/html/.
Ternyata emang folder ini si biang bingung itu!

Maklum, pengalaman pertama.

Leave a Reply